Skip to main content

Dampak Buruk / Negatif Perbuatan Dosa / Maksiat





Tulisan kali ini merupakan renungan bagi kita semua tentang dampak buruk dosa dan maksiat kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Kalian pernah tahu? iman seseorang itu fluktuatif yaitu yazid (naik) dan yankus (turun). Oleh karena itu kita mesti memahami bahwa iman kita itu mungkin akan naik dan mungkin akan turun. 

  • Iman naik karena?? ketaatan kita kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala
  • Sedangkan iman turun karena?? maksiat kita kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala



Dengan memahami bahwa iman kita naik dan turun, maka kita perlu memperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, mana yang termasuk ketaatan kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala dan mana yang termasuk kemaksiatan kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.



Pada kesempatan kali ini, kami memaparkan kepada anda apa saja sih? dampak buruk dari Perbuatan Dosa / Maksiat?? 









Merenung tentang Kemaksiatan / Dosa.
Apabila engkau melihat diri kita cenderung berbuat maksiat, maka ketahuliah bahwa penyemabnya ialah kemaksiatan yang telah kita kerjakan sebelumnya. Sebab kemaksiatan itu menumbuhkan kemaksiatan yang lain, dan dosa menumbuhkan dosa yang lain.


"Kemaksiatan adalah akibat dari kemaksiatan sebelumnya dan kebaikan setelah kebaikan adalah buah dari kebaikan pertama."
inilah yang dikatakan ibnu jauzi dalam kitab saidul khatir.














Ulama Terdahulu tentang Dosa / Maksiat
Para Salaf (ulama terdahulu) sangat takut dengan kemaksiatan sekecil apapun karena mereka faham bahwa kemaksiatan akan memicu kemaksiatan yang lain.


Sufyan berkisah tentang seseorang yang berkata "Sungguh aku sekali berdusta dan aku melihat pengaruhnya dalam amalanku"
(Hilyatul 'Auliya; 5/ 184)

Abu Sulaiman Ad Darani mengatakan
" Aku sedang sakit dan aku mengetahui dosa mana yang membuatku sakit."

Makhul Asy Syami berkata
" Aku melihat seseorang sedang sholat. Setiap kali ruku' dan sujud dia menangis maka aku menuduhnya dalam hati bahwa orang tersebut berbuat riya' dengan tangisanya. Karena itu, aku terhalang dari menangis selama setahun."

Masyaalloh begitu hebat pengaruh kemaksiatan meski terselubung di dalam hati, kisah para ulama terdahulu membuat kita malu, betapa jauhnya keadaan mereka dengan kita saat ini.




Dampak Buruk / Negatif Perbuatan Dosa / Maksiat


1. Terhalang dari Ilmu yang Haq (benar)
 
Karena ilmu merupakan cahaya yang dilemparkan ke dalam hati, sementara maksiat akan memadamkan cahaya.

Tatkala Al Imam Asy Syafi'i belajar kepada Al Imam Malik, Al Imam Malik terkagum dengan kecerdasan dan kesempurnaan pemahaman Asy Syafi'i, beliau pun berpesan pada muridnya ini,



" Aku memandang Alloh Swt telah memasukkan cahaya ilmu di dalam hatimu. maka janganlah engkau padamkan cahaya tersebut dengan kegelapan kemaksiatan."




2. Terhalang dari Rizki dan urusanya dipersulit


Takwa kepada Alloh Swt akan mendatangkan rizki dan memudahkan urusan seorang hamba sebagaimana firman-Nya


" Siapa yang bertakwa kepada Alloh nisacaya Dia akan menggandakan bagi orang tersebut jalan keluar (dari permasalahanya ) dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka."

(QS. Ath Thalaq2-3).




3. Hati terasa jauh dari Alloh Swt dan merasa asing dengan-Nya, sebagaimana jauhnya pelaku maksiat dari orang-orang baik dan dekatnya dia dengan syetan.



4. Maksiat akan melemahkan hati dan tubuh
 

Karena kekuatan seorang mukmin itu bersumber dari hatinya. semakin kuat hatinya semakin kuat tubuhnya. adapun orang fajir/pendosa, sekalipun badanya tampak kuat, namun sebenarnya ia selemah-lemah manusia.



5. Mengeraskan Hati
 

Orang yang sering berbuat dosa dan maksiat, hatinya tidak lagi merasakan jeleknya perbuatan dosa.terlebih lagi berbuat dosa telah menjadi kebiasaan dan tidak lagi peduli dengan pandangan manusia serta acuh dengan ucapan mereka (orang-orang yang mengetahuinya), bahkan ia bangga dengan maksiat yang dilakukannya.


Bila sudah seperti ini model seorang hamba, maka ia tidak akan dimaafkan, sebagaimana berita dari Rosululloh Saw.

" Setiap umatku akan dimaafkan kesalahan/ dosanya kecuali orang-orang yang berbuat dosa dengan terang-terangan."
(Al Hadits)



6. Sebab dihinakan
 

Maksiat merupakan sebab dihinakannya seorang hamba oleh Robbnya. Apabila Alloh Swt telah menghinakan seorang hamba maka tak ada seorangpun yang akan memuliakanya.



" Siapa yang dihinakan Alloh niscaya tidak ada seorang pun yang akan memuliakanya. "
(QS.Al Hajj 18)




7. Tanda Kebinasaan
 

Bila seorang hamba terus-menerus berbuat dosa, pada akhirnya ia akan meremehkan dosa tersebut dan menganggapnya kecil. Hal ini merupakan tanda kebinasaan seorang hamba karena bila suatu dosa dianggap kecil maka akan semakin besar di sisi Alloh Swt.




8. Merusak Akal
 

Maksiat akan merusak akal karena akal memiliki cahaya, sementara maksiat pasti akan memadamkan akal. Apabila cahayanya telah padam, akal menjadi lemah dan kurang. Sebagian salaf berkata:




"tidaklah seseorang bermaksiat kepada Alloh Swt hingga hilang akalnya."
Hal ini jelas sekali, karena orang yang hadir akalnya, tentu akan menghalangi dirinya dari berbuat maksiat. Ia sadar sedang berada dalam pengawasan-Nya, ia berada di bumi Alloh Swt, di bawah langit-Nya dan para malaikat Alloh Swt menyaksikan perbuatanya.




9. Menutup Hati
 

Apabila dosa telah menumpuk hatipun akan tertutup dan mati, hingga ia termasuk orang yang lalai. Alloh Swt berfirman:


" Sekali-sekali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka."
(QS.Al Muthoffifin 14).




10. Terhalang dari Do'a Para Malaikat 

Bila si pelaku dosa enggan untuk berhenti dari dosanya, maka ia akan terhalang dari do'a para malaikat. Karena malaikat hanya mendoakan orang-orang yang beriman, yang suka bertaubat, yang selalu mengikuti Al Qur'an dan Sunnah Rosululloh Saw.











Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …